Monday, January 1, 2018

Camp Half-Blood Confidental

source: Riordan Wiki

THE FIRST BOOK I READ IN 2018!


Sebenarnya sudah beli buku ini di akhir tahun 2017 ketika Periplus tengah mengadakan sale akhir tahun. Rupanya, buku ini belum pernah aku baca.

Penulis: Rick Riordan
Jumlah halaman: 192 halaman
Tahun terbit: 2017
Penerbit: Puffin
Format: hardcover
Rating Shiori-ko: 3/5
Sinopsis:
A companion guide to THE TRIALS OF APOLLO series, set in the world of PERCY JACKSON.

Camp Half-Blood FYI is the funny insider's guide to the demigod training camp in Long Island, narrated by none other than Percy Jackson himself, and other favourite characters will be heard from, too.

In response to an awful camp orientation video created by the god Apollo, Percy Jackson and other residents of Camp Half-Blood answer such questions as "What is this place?" and "Do I get to keep the T-shirt?"
Newbies can check out the section on the Divine Cabins, read up on Magical Landmarks, and consult the chapter of Training Arenas.

But Camp Half-Blood Confidential explores much more than just the buildings and grounds. It includes info that can only be learned from those who live there. For instance, campers do not always co-exist in peace and harmony. The camp is not run with superior efficiency. Prophecies do not flow forth with great regularity.

Sprinkled throughout are stories from heroes who have called Camp Half-Blood home or just passed through on their way to places unknown. Chiron himself introduces the book with a brief history of training based on his millennia of experience.

And, of course, divine words of wisdom from the god Apollo himself are included, because the demigod authors would prefer not to be struck down by him, thank you very much.

***

Rasanya hampir setahun belakangan tidak menyempatkan diri membaca buku-buku Rick Riordan lagi. Terakhir, Magnus Chase seri pertama. Itupun karena aku menukarkan poin Periplus alias hanya mengganti biaya jasa kurirnya saja. Sisanya, ketika Trials of Apollo masuk ke pasar, aku sudah tidak sanggup mengikutinya lagi. Kesibukan semakin menjadi dan tuntutan membaca buku-buku yang dititahkan oleh bos besar semakin banyak.

Camp Half-Blood Confidental membawakan nostalgia terhadap bagaimana suasana di Camp-Half Blood. Seperti biasa, Riordan selalu bisa menuliskan semuanya dengan jenaka. Meskipun sudut pandangnya tidak melulu dari Percy Jackson. Awalnya sempat ragu, apakah pembaca bisa mengikuti buku dengan baik, mengingat tidak semua orang yang membaca memiliki jeda yang pendek untuk mengikuti buku-buku Riordan. Seperti aku misalnya. 

Namun ternyata tidak. Riordan masih peduli dengan pembaca lama dengan memberikan glosarium baik dari penamaan tokoh hingga istilah-istilah yang terlontar di dalam buku. Setidaknya ada penyelamat ketika pembaca mulai kebingungan.

Sebuah sambutan yang hangat, ku rasa...

Buku ini seperti sebuah guide book. Panduan untuk mereka yang baru saja masuk ke dalam Camp Half-Blood, harus mengikuti masa orientasi tetapi bingung mengapa orientasinya berupa menonton film yang dibintangi oleh Apollo. Percy Jackson dan teman-temannya di dalam Camp Half-Blood membantu para new comers untuk setidaknya beradaptasi dengan suasana di dalam camp.

Pembaca diajak untuk mengenali beragam tempat yang ada di Camp Half-Blood dan cerita yang ada di belakangnya. Seperti kisah Annabeth Chase yang tengah membangun kabin baru lagi atau Thalia Grace yang mewawancara orang tua manusia dari Percy Jackson. Buku ini dirancang untuk tetap menghasilkan gelak tawa pembaca. Sangat khas Riordan.

Di dalamnya juga tersedia peta Camp Half-Blood untuk memudahkan pembaca dalam berimajinasi

Akan tetapi, aku hanya bisa memberikan bintang 3 saja. Sentuhan santai dalam buku ini masih berbeda dengan bagaimana Riordan menyajikan Percy Jackson's Greek Gods atau Percy Jackson's Greek Heroes. Buku ini terasa biasa saja sebagai pelengkap. Namun, tetap menarik dibaca untuk sebuah bacaan ringan atau sekedar menemani waktu senggang.

No comments:

Post a Comment