Tuesday, April 4, 2017

[Contribution Post] (Not so) 101 to Comic Book Reading Based on Comic Book Movie (Superhero Edition)


Sekali-sekali tidak ada salahnya dong kalau Shiori-ko memfitur tulisan orang lain dalam blog ini? Tenang saja, karena Shiori-ko sangat cinta dengan buku, tentu yang diunggah adalah tulisan mengenai dunia perbukuan.

Kali ini Shiori-ko memfitur tulisan yang berbeda dari kebanyakan orang yang Shiori-ko kenal. Kalau biasanya contribution post ya tidak jauh-jauh dari bacaan favorit atau penulis favorit yang didominasi oleh karya novel dan non-fiksi, kali ini akan membahas seputar komik! Ya, komik juga merupakan buku, bukan?

Shiori-ko perkenalkan terlebih dahulu siapa penulisnya: namanya Agung Bimo. Cowok satu ini suka dengan komik dan mainan. Kami saling berkontribusi di blog masing-masing. Shiori-ko mencoba menulis tentang pengalaman menonton film Ghibli dan bisa dibaca di blognya Bimo, lo! 

Jadi, dalam tulisan kali ini, Bimo ingin berbagi kisah dan pengalamannya dengan komik. Mari disimak~

sumber
Well, hello!

Se-dekade ke belakang ini, sebagian movie-goers mungkin tau banyak film yang diadaptasi dari komik-komik amerika yang laris di negaranya. Sebagian dari kalian mungkin adalah fanboy dari lini komik itu sendiri maupun casual movie-goers yang loosely tau bahwa film itu diadaptasi dari komik.
Mungkin dengan guide berikut, kalian yang masuk kedalam kategori kedua sebagai penikmat film dan penasaran ingin memulai membaca komik yang menjadi bahan adaptasi setiap film, yang sudah rilis maupun yang akan rilis, semoga semakin tercerahkan.

…..dan ikut terjerumus pada dunia komik amiriki ini. HUAHAHAHAHA.

Disclaimer: guide ini berdasarkan informasi yang gua pelajari dari berbagai macam wiki maupun dari akun @komrikmania yang cihuy itu. Mohon koreksinya apabila ada yang salah maupun kurang. Ohiya ngga semua judul komik merupakan adaptasi dari segi cerita, ada yang berbentuk karakter maupun hanya sekedar penggunaan judul yang sama. Cheers!

Oke kita mulai dari DC dulu ya. Yang ditulis disini adalah film yang sudah masuk DC Extended Universe (DCEU)(selain gua udah lupa sama film-flim DC yang sebelum itu HAHAHAHAHA).

1. Man of Steel
Untuk MoS gua kurang begitu banyak tau komik yang diadaptasi karena hampir semua history of superman itu ada di komik rilisan lama. Mungkin kalian bisa cari komik yang dirilis masa Silver-Bronze Age of Comic Books (sekitar tahun 1956-1985)

2. Batman vs Superman


sumber

Mungkin kalian sedikit banyak tau film yg (sampai sekarang masih) dicemooh oleh publik karena…..filmnya gitu. Film ini “sebagian besar” diadaptasi dari komik Batman: The Dark Knight Returns (1986) karangan Frank Miller. Buku ini menurut gua salah satu legenda dan masterpiece selain Batman: The Killing Joke (1988) (yang satu ini diadaptasi ke versi animasi pada tahun 2016 lalu) yang dipunya DC Comics. Oh iya beberapa adegan ada yang “diduplikasi” ke dalam filmnya (dan tentunya background kenapa mereka berantem yang sudah kita semua tau).

Selain itu ada The Death of Superman (1992) yang…..sudah tidak usah dijelaskan lagi kenapa. Terakhir ada The Trinity (2003) yang menggambarkan bagaimana ketiga superhero ini bertemu.

Jadi kurang lebih kalo kalian ingin baca komik tentang BvS beserta dinamika the trinity, bisa baca judul pertama, ketiga, dan keempat yang gua sebut tadi. Mungkin untuk judul keempat bisa diganti dengan DC Rebirth: The Trinity (2016).

3. Suicide Squad
Film ini ikonik dimata netizen karena love-hate relationship-nya Joker dan Harley Quinn—which is bad for your real relationship with your partner. Referensi komik yang bisa digunakan untuk memulai membaca itu New Suicide Squad (2014) yang ditulis Sean Ryan ataupun DC Rebirth: Suicide Squad (2016) yang timnya dibuat persis dengan yang difilm.


***

Sekarang gua akan beralih ke Marvel dan ingat yang ada disini adalah film-film yang dirilis di Marvel Cinematic Universe (MCU) aja (dan yang gua tau aja komiknya HAHAHAHAHA)

4. Iron Man Trilogy
Who doesn’t know the boy who rich af, womanizer, tech savvy, and genius af at the same time?
Semua komik yang ada embel-embel Iron Man bisa kalian coba, tapi paling enak sih yang terbaru, ya nggak? The Invincible Iron Man (2008) yang ditulis Matt Fraction ataupun The Invincible Iron Man (2016) yang armornya keren. Ya. Gua menyarankan karena armornya keren.

5. Thor, Thor: the Dark World
Yang satu ini pun gua gabisa memberikan referensi adaptasinya. Kalian bisa coba Thor yang tahun 2000an lalu “perjalanan pentingnya” dilanjut ke Original Sin (2014) dan berakhir di cerita terbaru yaitu The Unworthy Thor (2017).

6. Captain America: Civil War


sumber
Film ikonik ini mengadaptasi komik ikonik yang berjudul sama Civil War (2006) yang ditulis oleh Mark Millar. Filmnya sendiri loose adaptation dari bukunya, tapi kejadiannya mirip-mirip dengan skala yang lebih kecil kaya Superhuman Registration Act, kubu Captain America sama Iron Man, dan berbagai macam hal lainnya.

7. Avengers: Age of Ultron
Yang satu ini cuma minjem judul dari bukunya yang berjudul Age of Ultron (2013). Selain itu kalian bisa baca Avengers: Rage of Ultron (2015) yang merupakan cerita lepasan dari timeline utamanya Marvel.

8. Doctor Strange
Film yang masih hangat satu ini mengadapatasi cerita dan visualisasi klasik-psychadelic-nya Doctor Strange lawas yang digambar sama Steve Ditko di Strange Tales #146 (1966). Terus kalian bisa baca Doctor Strange: the Oath (2007) yang ditulis Brian K. Vaughan karena cerita di filmnya mirip dengan yang ada di komik ini.

9. Ant-Man
Untuk Ant-Man, gua cuma bisa menyarankan rilisan terbaru kaya Ant-Man (2015) di lini Marvel Now.

10. Guardians of the Galaxy
Sama kaya Ant-Man, kru penjaga galaksi ini bisa kalian baca dirilisan Marvel Now (2013an) dan jangan lupa preferensi pribadi gua—Secret Wars: Star Lord & Kitty Pryde yang entah kenapa sungguh indah untuk dibaca :”)

11. (Upcoming) Thor: Ragnarok
Yang satu ini khusus karena mau deket-deket rilis. Film ini mengambil judul story arc dengan nama yang sama—entah ceritanya sama apa nggak dan yang pasti ada story arc dari World War Hulk yang diadaptasi sebagian di film ini.

…..dan itu pula yang menjelaskan kenapa Thor dan Bruce Banner ngga ikut tawuran di film Civil Wars.

Yak, yang sudah disebutkan tadi merupakan beberapa judul, story arc, ataupun event yang diadaptasi ataupun mengilhami film-film yang dirilis oleh studio dari dua produsen komik Amerika. Sebenarnya masih banyak lagi, seperti beberapa judul TV seri yang sudah on going dan beberapa film di luar universe yang dirilis oleh keduanya (termasuk Fox’s Marvel dan (soon) Sony’s Marvel—screw you guys). Semoga dengan adanya panduan kecil ini bisa membantu kalian semua.

Danke!

No comments:

Post a Comment