Saturday, October 8, 2016

4 Buku yang Sebaiknya Tidak Dibaca Ketika Sendirian


Berbicara tentang tema horor, kebanyakan orang-orang akan cepat mengkorelasikan dengan Conjuring, salah satu film yang katanya paling menakutkan (tapi menurut Shiori-ko, masih tidak ada apa-apanya dengan film The Exorcist). Lalu, bagaimana dengan buku? Tulisan kali ini merupakan rekomendasi bacaan yang memang sebaiknya tidak dibaca ketika kamu sedang sendirian.

1. The Shining - Stephen King

Mengisahkan satu keluarga yang mendapat pekerjaan selama musim dingin untuk menjaga dan merawat sebuah hotel. Sang ayah, Jack, memanfaatkan waktunya tersebut untuk menyelesaikan novel sembari mendapatkan tambahan uang. Tentu dibantu oleh Wendy, sang ibu, dan Danny, si anak. Pekerjaan yang tampaknya tidak begitu sulit ternyata cukup berbahaya. Hal ini disadari oleh Danny yang memiliki kelebihan tertentu. Keanehan-keanehan yang dialami sang ayah sertia penglihatan yang dialami oleh Danny sebenarnya sebuah pertanda. Jadi, apa yang sebenarnya pernah terjadi di hotel tersebut?




2. Tetralogi Hannibal - Thomas Harris

Buku manapun yang kamu baca (Red Dragon, Silent of The Lamb, Hannibal, Hannibal Rising), semuanya memberikan kesan ngeri. Penuturan yang begitu mendetil tentang Hannibal serta apa yang dilakukannya untuk membal diri sudah cukup membuatmu bergidik ketika membaca. Belum lagi pemikiran Hannibal yang seringkali susah ditebak membuat kamu ingin segera menyelesaikan tapi di sisi lain, kamu tidak begitu siap dengan kejutan di halaman selanjutnya. Hannibal adalah sosok yang super cerdas tapi seorang raja tega. Dia bisa melakukan apapun untuk membalaskan dendam keluarganya yang harus menjadi korban Perang Dunia II.



3. Miss Peregrine's Home for Peculiar Children - Ransom Riggs

Dari segi cerita, memang tidak jauh beda dengan film X-Men. Bagaimana seorang headmistress harus menjaga anak-anak istimewa tersebut. Hanya saja yang membuat buku ini menjadi agak creepy adalah karena foto-foto hitam putih yang seakan memvisualkan apa yang kamu bayangkan dari deskripsi sang penulis. Foto-foto tersebut terkesan ganjil dan tentu saja, sulit untuk diabaikan. Foto-foto tersebut hampir selalu ada di setiap bab. Yang pasti, buku ini bisa membuat tidurmu tidak nyenyak.





4. Seri Lockwood & Co. - Jonathan Stroud

Sejauh ini, serial Lockwood & Co. sudah ada 4 buku. Kurang lebih Lockwood & Co. merupakan kelompok pembasmi hantu seperti Ghostbuster ataupun Mysteri, Inc. (Scooby-doo). Kisah Lockwood & Co. berlatar belakang sebuah kota di Inggris dan di era Victoria. Setiap serianya membahas satu kasus yang bersifat supernatural. Walaupun buku ini tidak dilengkapi dengan gambar ataupun ilustrasi pelengkap, namun deskripsi Jonathan Stroud sudah bisa membuat kamu ragu-ragu antara melanjutkan karena penasaran atau berhenti karena ketakutan. Kesan spooky yang ditinggalkan oleh buku ini cukup tergambarkan dari tingkah para hantunya.



---

Kecuali buku no.1, sisanya sudah bisa kamu dapatkan edisi terjemahannya! Film-film adaptasinya juga boleh kamu coba tonton. Sudah siap untuk menyambut bulan Oktober dengan buku-buku horor pilihan Shiori-ko? :)

1 comment:

  1. kalau bagi saya, buku "Ring"-nya Koji Suzuki itu juga serem... pernah baca sendirian malem-malem, selesai dua halaman bukunya saya lempar ke seberang ruangan terus langsung tidur :))))

    ReplyDelete